Eksotika Tebing Nirwana, Air Terjun Tumpak Sewu

lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu atau yang akrab dikenal dengan sebutan Tebing Nirwana, merupakan objek wisata yang memiliki eksotika air terjun yang luar biasa. Terletak di desa wisata Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo, kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang berjarak 55 km ke arah selatan ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Lumajang.

Sesampainya disana, seolah anda akan dimanjakan dengan pemandangan dan eksotika air tejun yang menakjubkan dan memiliki sumber air alami dari gunung Semeru. Nama Tumpak sewu sendiri memiliki nama air terjun yang bertumpuk-tumpuk, maksudnya adalah Air Terjun Tumpak Sewu Semeru merupakan gabungan dari banyaknya air terjun yang ada sehingga sangat menakjubkan.

Dari titik awal loket tiket, anada akan berjalan turun menuju titik panorama selama 15 menit berjalan kaki dengan medan yang cukup landai. Masyarakat desa wisata disini sungguh istimewa, mereka bahu membahu membangun objek wisata Air Terjun Tumpak Sewu mulai dari membuka jalan hutan hingga memperbaiki jalan bagi wisatawan secara swadaya.

Di titik panoram ini, anda kan melihat langsung keindahan yang luar biasa. Tebing nan menjulang tinggi di kelilingi oleh tumoahan air deras hampir setengah lingkaran tebing dikelilingi pepohonan hijau nan rimbun terasa sungguh alami terlihat. Disini terdapat 2 titik spot untuk anda mengabadikan momen indah bersama teman dan sahabat.

Anda bisa di titik bawah dan naik sedikit untuk mendapatkan angle atau pandangan yang cukup tinggi. Disini anda bisa membaca beberapa tulisan-tulisan yang cukup mengasah rasa peduli dan santn kita terhadap alam ala masyarakat sekitar, seperti “jangan membunuh apapun disini kecuali waktu dan jangan mengambil apapun disini kecuali gambar”, cukup kreatif.

How to Get There:
Air Terjun Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo sekitar 55 km ke arah selatan Lumajang memakan waktu 2 jam perjalanan.

Stasiun bis Surabaya / Malang - Stasiun bus Wonorejo - stasiun bus Pronojiwo - air terjun Tumpak Sewu
Stasiun bis Jember / Banyuwangi - stasiun bis Wonorejo - stasiun bus Pronojiwo - air terjun Tumpak Sewu

Latest News





Hotel Deals of the Day
Interesting Links