Gili Ketapang


Gili Ketapang adala sebuah desa, atau lebih tepatnya pulau kecil di Selat Madura, tepatnya 8 Km di lepas pantai utara Probolinggo yang berlokasi di Kecamatan Sumberasih.

Memiliki luas wilayah sebesar 68 hektar, dihuni oleh sebagian besar etnis Madura yang bermatapencaharian sebagai nelayan dengan kualitas hidup yang bisa disebut makmur.

Pulau Gili Ketapang terhubung dengan Pulau Jawa, dan bisa diakses melalui pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo yang hanya berjarak sekitar 30 menit perjalann. Pulau ini masih terbilang pulau yang masih perawan, dimana terdapat laut yang masih biru dan bebas pencemaran dan di dasar laut terlihat terumbu karang yang jernih dan berwarna-warni.

Masyarakat sekitar Gili Ketapang meyakini bahwa desa Ketapang awalnya menyatu dengan Pulau Jawa. Setelah gempa dasyat pasca letusan gunung Semeru, desa Ketapang terlepas dengan sendirinya dari Pulau Jawa. Karena itu nama Gili Ketapang berasal, dalam bahasa Madura, Gili memiliki arti mengalir, dan Ketapang adalah nama asli tempat tersebut.

Photo Gallery
Latest News





Hotel Deals of the Day
Interesting Links