Kota Probolinggo


Kota Probolinggo merupakan daerah transit yang menghubungkan kota-kota sebelah barat, yaitu Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo, Lumajang, dengan kota – kota ( sebelah timur Kota ): Pasuruan, Malang, Surabaya. Batas Wilayah Kota Probolinggo sebelah utara dengan selat Madura dan timur, selatan, serta barat dengan Kabupaten Probolinggo.

Nama Probolinggo berasal dari kata Probo berarti sinardan linggo berarti tanda. Jadi Probolinggo adalah tempat jatuhnya sebuah tanda cahaya (meteor) yang dipakai oleh Raja-raja dahulu sebagai tanda untuk mengadakan musyawarah guna menciptakan perdamaian dan mengkhiri perselisihan. Kota ini dikenal sebagai “ kota angin”, karena pada bulan Junli dan September bertiup angin kencang menimbulkan bunyi menarik yang disebut “ angin gending ”. Kota Probolinggo sebagai kota transit yang menghubungkan kota Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Lumajang di sebelah Timur Kota Malang, Pasuruan dan Surabaya di sebelah Barat. Obyek wisata yang menarik adalah Pulau Gili Ketapang sebagai obyek wisata tirta untuk kegiatan berenang, berselancar angin, memancing dan berlayar.

Probolinggo juga mempunyai wisata andalan meliputi Bromo-Tengger-Semeru. Di sekitar Gunung Bromo terdapat air terjun Madakaripura yang memiliki 7 air terjun dipercaya sebagai tempat pertapaan Gajah Mada. Selain itu dapat dikunjungi candi Jabung yang didirikan pada tahun 1354 memiliki ketinggian 15,58 m. Bagi pecinta olahraga petualangan rafting dapat menyusuri sungai Pekalen sejauh 9 km. Selain itu pantai Bentar juga menarik karena memiliki fasilitas rekreasi yang cukup lengkap, khususnya bagi anak-anak.

Latest News





Hotel Deals of the Day
Interesting Links