Kabupaten Sumenep


Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten terakhir bagian dari kabupaten di Pulau Madura. Letak kabupaten ini berada di ujung timur Pulau Madura dengan luas wilayah 2.093,45 Km2 dan berbatasan dengan Selat Madura di selatan, Laut Jawa di utara, Kabupaten Pamekasan di barat dan Laut Jawa atau Laut Flores di timur.

Kabupaten ini terdiri dari daratan dan juga terdiri dari berbagai pulau di laut Jawa, dengan jumlah keseluruhan 126 Pulau. Pada Masa Kolonia, Kabupaten ini dikuasai oleh satu keluarga dari kalangan bangsawan dari kadipaten Sumenep, yaitu Wangsa Cakraningrat.

Berbeda dengan 3 kabupaten lain di Madura, Sumenep merupakan kabupaten yang kaya akan sumber gas dan minyak yang cukup besar, yang berasal dari pegunungan Pagerungan. Hal ini pula yang menyebabkan kabupaten dengan populasi penduduk sekitar 1 juta jiwa ini memiliki Pendapatan Asli Daerah lebih besar dari kabupaten lain. Dilihat dari karakter masyarakat Madura yang bertemperamen keras dan tegas, masyarakat Sumenep cenderung lebih ramah dan lembut. Hal ini dikarenakan kabupaten ini dipengaruhi oleh budaya keraton Jawa yang dianut oleh masyarakatnya, terutama dari bangsawan dan abdi dalem Keraton Sumenep sejak jaman Kolonial.

Walaupun terdapat beberapa hal yang berbeda dengan saudara luar kabupaten, kabupaten Sumenep tetap serupa dengan kabupaten lain di Madura dalam hal pariwisata. Dimana banyak didominasi oleh obyek wisata pantai, dan juga terdapat obyek wisata lain tentunya.

Latest News





Hotel Deals of the Day
Interesting Links