Kabupaten Situbondo


Situbondo, kabupaten yang terletak di pesisir utara pulau Jawa ini merupakan kabupaten yang hijau dengan cuaca yang nyaman untuk dikunjungi, karena dikelilingi oleh perkebunan teh, tembakau dan hutan lindung yang terkenal Baluran.

wilayah Kabupaten Situbondo terbagi menjadi tujuh belas kecamatan dengan Situbondo sebagai ibukota. Kabupaten Situbondo berbatasan langsung dengan Selat Madura di utara, Selat Bali di timur, Kabupaten Probolinggo di barat dan Kabupaten Bondowoso di selatan.

Kabupaten dengan luas wilayah 1.638,50 Km ini terletak di tengah jalur darat Jawa - Bali, dan membuat perekonomian daerah menjadi lebih berpotensi untuk semakin maju. Disamping itu, adanya pelabuhan Panarukan hasil dari pembangunan Jalan raya Anyer - Panarukan oleh Daendels di era kolonial Belanda, membuat Situbondo menjadi pusat lalu lintas perdagangan di pulau Jawa.

Mayoritas penduduk yang mendiami Kabupaten Situbondo banyak berasal dari etnis Jawa dan Madura, walaupun banyak juga suku bangsa lain yang hidup berdampingan seperti Tionghoa. Mata pencaharian terbesar berasal dari sektor pertanian, tapi untuk beberapa wilayah yang berbatasan dengan Selat Madura dan Selat Bali memiliki potensi yang bagus di bidang kelautan.

Mengingat penduduk yang tinggal di wilayah pantai memiliki garis pantai sepanjang 150 Km, hal ini memberikan mata pencaharian bagi penduduk Situbondo dalam hal penangkapan ikan dan pengolahan hasil laut.

Selain sektor pertanian dan perikanan, sektor pariwisata juga merupakan potensi tersendiri bagi Situbondo. Hal ini kembali ke letak strategis Situbondo yang berbatasan langsung dengan garis pantai, dan kawasan hutan lindung yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang.

Latest News

Saebus Island, Kangean Archipelago

Saebus Island Pulau Saebus is an island in Kangean archipelago, and it administratively located in Sumenep Regency, Madura, East Java, Indonesia. The nearest places to Pulau Saebus are Pulau Saur (6 km west), Pulau Bangkan (6 km north), Pulau Sasiil (7 km east), and Sapeken (9 km north). Saebus island is having magnificent sea world, with the Anemone kingdom that can be seen in sloping sea. To reach Saebus island, it can be start from Surabaya to Madura and crossing to Kangean islands. It can also be start from Bali…





Hotel Deals of the Day
Interesting Links

DiveWonderfulIndonesia.com