Kabupaten Ponorogo


Terletak pada koordinat 111 17 - 111 52 Bujur Timur dan 7 49 - 8 20 Lintang Selatan dengan ketinggian antara 92 sampai dengan 2.563 meter diatas permukaan laut dan memiliki luas wilayah 1.371,78 km2, Kabupaten Ponorogo semakin tenar dengan kesenian Reog nya yang tak lekang dimakan jaman.

Kabupaten Ponorogo berbatasan langsung dengan Kabupaten Madiun, Magetan dan Nganjuk di utara; Kabupaten Pacitan di selatan; Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Wonogiri di barat serta Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek di timur.

Secara geografi, Kota Reog ini terbagi dalam dua sub are, yaitu dataran rendah dan dataran tinggi. Dari segi geografi itulah, Ponorogo memiliki banyak potensi untuk dikunjungi sebagai obyek wisata.

Dalam sejarahnya, menurut Babad Ponorogo, Kabupaten ini berdiri sejak seorang tokoh bernama Raden Katong tiba di wilayah Wengker dan memilih tempat tersebut untuk di jadikan pemukiman. Wilyah awal tersebut, yang sekarang adalah dusun Plampitan, Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan.

Setelah beberapa waktu berdiri, Kadipaten Ponorogo berdiri pada tanggal 11 Agustus 1496, dan yang kemudian menjadi hari jadi Kota Ponorogo. Pada tahun 1837, Kadipaten Ponorogo pindah dari Kota Lama ke Kota Tengah menjadi Kabupaten Ponorogo hingga sekarang.

Berbagai aspek yang ada di dalam Kabupaten Ponorogo akan menarik untuk di eksplor, seprti obyek wisata budaya, industri, wisata alam, wisata religius hingga wisata kuliner.

Latest News





Hotel Deals of the Day
Interesting Links